Krativitas, Inovasi, dan Kewirausahaan

Saah satu prinsip kewirausahaan adalah menciptakan gagasan gagasan baru dan berguna yang dapat memecahkan masalah dan tantangan tantangan yang dihadapi oleh setiap orang setiap harinya.

          
  Wirausahan meraih keberhasilan dengan cara menciptakan nilai dipasar ketika mereka menggnumgkan sumberdaya dengan cara cara yang baru dan berbeda untuk memperoleh keunggulan bersaing terhadap persaingan.
·                   
                                Kreativitas : menurut Theodore Levvit kreatifitas adalah memikirkan hal hal baru dan inovasi adalah mengerjakan hal hal baru.

Krativitas, Inovasi, dan Kewirausahaan
Krativitas, Inovasi, dan Kewirausahaan
·                     Kreativitas pada Umumnya adalah kemampuan unutk mengembangkan gagasan gagasan baru dan untuk menemukan cara cara baru dalam melihat masalah dan peluang.

·                     Inovasi : Menurut Peter Drucker seorang pakar manajemen mengatakan bahwa inovasi merupakan instrument khusus wirausahawan, saran yang mereka gunakan untuk mengeksploitasi perubahan menjadi peluang untuk menjadi bisnisatau jasa yang berbeda

·                     Sementara inovasi pada umumnya adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang tersebut unutk meningkatkan dan memperkaya kehidupan orang orang.

·                     Kewirausahwan merupakan hasil dari proses disiplin dan sistematis dalam menerapkan kreatifitas dan inofasi terhadap kebutuhan dan peluang dalam pasar

Kreativitas – Kebutuhan Unutk Keberlangsungan Hidup


            Kretivitas tidak hanya menjadi sumber penting untuk mengembangkan keunggulan bersaing, tetapi juga kebutuhan untuk keberlangsungan hidup. Ketika mengembangkan solusi kreatif terhadap masalah masalah modern, wirausahawan harus menjangkau lebih jauh daripada apa yang telah berhasil dimasa lalu. Sejarah tidak selalu menjadi alat prediksi yang dapat dipercaya bagi masa depan bisnis.

            Wira usahawan harus selalu waspada terhadap asumsi dan perspektif tradisional mengenai cara hal hal seharusnya berlaku karena cara tersebut jelas jelas mematikan kreativitas.

            Paradikma adalah gagasa gagasan yang telah disusun mengenai dunia ini, seperti apa seharusnya dan cara seharusnya beroprasi. Menurut Joyce Wycoff “ bahwa dalam kebanyakan organisasi, orang orang tidak pernah diajari atau bahkan tidak pernah dijakan untuk menjadi kreatif. kebanyakan orang tidak pernah menggali kretivitas mereka, dan perusahaanya menjadi tidak berkembang.


Pemikiran Kreatif
Otak kanan
Otak kiri
Memperhatikan emosi, naluri, dan fungsi fungsi spasial (Tempat)
Menangani bahasa, logika, dan simbol
Memproses Informasi secara naluriah, atau dengan car bersamaan dan sangat bergantung pada gambar
Memproses Informasi dengan cara selangkah demi selangkah
Pemikiran otak kanan sangat tidak konvensional, tidak sistematis dan tidak terstruktur.
Pemikiran vertical otak kir sangat terfokus dan sistematis, bekerja dengan cara yang sangat logis dari satu poin ke poin lainnya

Dalam pemikira lateral otak kananlah terletak jantung proses kreatif. Mereka belajar mengembangkan keterampilan otak kanan mereka untuk;


a)      Selalu mengajukan pertanyaan, “ apakah ada cara yang lebih baik”
b)      Menentang kebiasaan, rutinitas, dan tradisi.
c)      Menjadi pemikir yang produktif
d)     Memainkan permainan batin, mencoba melihat suatu masalah dari perspektif yang berbeda.
e)      Menyadari mungkin terdapat bahwa satu “jawaban yang tepat”
f)       melihat kegagalan semata mata sebagai ”penundaan menuju keberhasilan”
g)      melihat masalah sebagai batu loncatan sebagai ide ide baru.
h)      Mengakaitkan gagsan yang tampaknya tidak terkait dengan masalah utnuk menghasilkan solusi yang inovatif

Halangan Kretifitas


            Halangan yang paling sulit diatasi, halangan yang ditimbulkan oleh orang itu sendiri. Sepuluh cara mengidentifikasi kunci batin:

1.      Mencari suatu jawaban yang tepat
2.      Berfokus untuk menjadi logis
3.      Secara membabi buta mengikuti aturan
4.      Terus menerus bersifat praktis
5.      Memandang permainan sebagai hal yang tidak berguna
6.      Menjadi terlalu terperinci
7.      Menghindari ketidak jelasan
8.      Takut terlihat tolol
9.      Takut salah dan gagal
10.  Mempercai saya bahwa tidak kreatif




Cara meningkatkan kreatifitas

1. Meningkatkan kreatifitas organisasi.

·         Merangkul keragaman, salah satu cara terbaik untuk menggali budaya kreatifitas adalah dengan mempekerjakan berbagai macam angkatan kerja.
·         Mengharapkan kreatifitas, salah satu cara terbaik untuk mengkomunikasikan pengharapan kreatifitas itu adalah dengan memberikan izin bagi karyawan untuk menjadi kreatif.
·         Mengharapkan dan mentolerir kegagalan, ide-ide kreatif akan menghasilkan kegagalan dan juga keberhasilan.
·         Mendorong rasa ingin tahu.
·         Memandang masalah sebagai tantangan.
·         Memberikan pelatihan kreatifitas.
·         Memberikan dukungan, wirausahawan harus memberikan alat dan sumber daya yang diperlukan oleh karyawan agar bisa menjadi kreatif, salah satu sumber daya yang paling berniai adalah waktu.
·         Mengembangkan prosedur untuk menangkap ide-ide, perusahaan tersebut menangkap ide-ide tersebut dalam laporan perjalanan yang dibuat oleh karyawan.
·         Memeberikan penghargaan atas kreatifitas, wirausahawan dapat mendorong kreatifitas dengan cara memberikan penghargaan ketika kreatifitas muncul.
·         Memberikan contoh perilaku kreatif, wirausahawan yang memberikan contoh perilaku kreatif, mengambil peluang dan menantang status quo akan segera mendapati karyawan mereka melakukan hal yang sama.

2.meningkatkan kreatifitas perseorangan

·         Memberi kesempatan diri andamenjadi kretif.
·         Beri pikiran anda input segar setiap hari.
·         Menyadari kekuatan kreatif dari kesalahan. Inovasi kadang-kadang merupakan hasil dari ketidak sengajaan,menemukan sesuatu ketika mencari hal lain, dan kadang-kadang inovasi tersebut timbul sebagai hasil dari kesalan.
·         Mendengarkan orang lain.
·         Berbicara dengan anak kecil.
·         Simpan kotak maenan di kantor anda.
·         Mebaca buku mengenai cara merangsang kreativitas atau mengambil kursu kreativitas.
·         Luangkan waktu anda.

Proses kreatif


1.      Prsiapan : tahap ini mencakup mempersiapkan akal untuk berfikir kreatif

2.      Investigasi : ditahap ini anda diharapkan untuk mengembangkan pemahaman kuat atas masalah atau keputusan yang ada

3.      Transformasi : adalah mencakup memandang perasaan dan perbedaan dalam informasi yang dikumpulkan. Fase ini memerlukan 2 jenis pemikiran konvergen dan divergen

·         Pemikiran konvergen adalah kemempuan untuk melihat persamaan dan pertaliannya diantara berbagai data dan peristiwa.
·         Pemikiran divergen adalah kemampuan utnuk melihat perbedaan diantara berbagai data dan peristiwa

4.      Inkubasi : adalah alam bawah sadar memerlukan untuk menggambarlan informasi yang dikumpulkan .

5.      Iluminasi : adalah fase dalam prosses kreatif ini terjadi selama fase inkubasi ketika trobosan spontan. Dalam tahap iluminasi seluruh tahap sebelumnya bersatu untuk mengsilkan “factor eureka”. Penciptaan ide inovatif

6.      Veritikasi : adalah mengesahkan ide secara akurat dan bermanfaat, menguji pemasaran produk atau jasa, menetapkan pilot program dalam sekala kecil, membuat proto tipe.

7.      Impelementasi : adalah untuk mengubah ide menjadi kenyataan .

teknik untuk meningkatkan proses kreatif


1.      brainstorming adalah proses interaksi antara sekelompok kecil orang dengan struktur
sangat kecil yang bertujuan untuk menghasilkan gagasan-gagasan baru dan inovatif dalam jumlah besar. Tujuannya adalah untuk menciptakan atmosfir yang terbuka dan tidak terhambat agar anggota kelompok leluasa “meluncurkan” gagasan.

Agar sesi brainstorming berhasil, wira uasahawan haus mengikuti panduan berikut :

a)      pertahanan kelompok dalam jumlah kecil.
b)      Jabatan dala perusahaan dan afiliasi departemen tidak relevan.
c)      Berikan masslah yang telah ditetapkan dengan baik kepada kelompok tersebut.
d)     Batasi waktu sesi 40 sampai 60 menit.
e)      Tunjuk seseorang untuk mencatat
f)       Mengguanakan pola duduk yang mendukung komunikasi dan interaksi.
g)      Buang logika jauh –jauh.
h)      Dukung seluruh gagsan dari tim.
i)        Tujuan kuantiatas ide harus lebih ditekankan dari pada kualitas ide.
j)        Larang evaluasi atau keritikan setiap ide selama sesi brainstorming.
k)      Dukung partisipan untuk menggunakan “ide boncengan”.

2.      Mind-mapping
Maind-mapping adalah suatu perluasan dari braindstorming. Satu kekuatan maind-mapping mencerminkan cara-cara oatak sebenarnya bekerja. 

Proses  mind-mapping bekerja seperti ini;

a)      Dimulai dengan menulis atau membuat sketsa gambar yag menyimbolkan masalah atau bidang focus ditengah tengah selembar kertas kosong yang besar.
b)      Tulis setiap gagasan yang muncup dalam benak anda, hubungkan setiap ide kepada gambar atua katanyang ada ditengah dengan sebuah garis.
c)      Ketika aliran ide melambat, hentikan! Jangan mencoba memaksa kreativitas.
d)     Biarkan benak anda beristirahat untuk beberapa menit dan kemudian mulai memadukan ide ide pada kertas tersebut menjadi peta pikiran.

3.      Rapid prototyping
Adalah proses menciptakan model dari ide, yang memungkinkan wirausahawan menemukan kecacatan ide tersebut sehingga perbaikan rancangannya dapat dilakukan.

Melindungi Gagasan Anda

·         Hak paten : pengakuan dari Paten and Trademark Office (PTO) pemerintah federal kepada penemu produk, memberikan hak eklusif untuk membuat, menggunakan, atau menjual penemuan tersebut didalam negri ini Selama 20 tahun sejak tanggal pegajuan aplikasi hak paten.

Proses hak paten :
1)      Menentukan keaslian penemuan.
2)      Mendokumentasi alat.
3)      Menyelidiki hak paten yang telah ada.
4)      Mempeljari hasil penyelidikan.
5)      Mengajukan aplikasi hak paten.
6)      Melaksanakan aplikasi hak paten

·         Merek dagang adalah setiap kata, ungkapan, symbol, rancangan, nama, logo, slogan, atau hiasan dagang khussu yang digunakan perusahaan untuk mengidentifikasi keaslian produk atau untuk membedakanya dari barang barang lain di pasaran

·         Hak cipta : adalah hak ekslusif yang melindungi pencipta karya asli, seperti dalam bidang kesusasteraan, darma, music, dan artistic.

·        Melindungi hak kepemilikan intelektual : sebagai senjata utama wirausahawan dalam melindungi hak paten, merek dagang, dan hak ciptanya.
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts